Dua Buku Yang Aku Beli Hari Ini

Berburu buku bisa menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika kita mampu menemukan sebuah buku langka yang berharga dengan harga yang melegakan jiwa.

Sore ini aku kembali menelusuri selasar basement Blok M Square untuk berburu buku. Siapa tau aku bisa menemukan satu dua buku yang bisa aku jadikan bahan bacaan sepekan ke depan.

Salah satu kelebihan berbelanja buku di Blok M sini adalah kita bisa mendapatkan buku bagus dengan harga yang relatif murah. Meski memang, beberapa buku yang dijual di sini adalah buku bajakan. Tapi tentu tidak semua.

Beberapa buku bagus dalam cetakan asli juga turut dijual murah. Harga murahnya adalah karena tahun terbitannya yang sudah lama. Maupun kondisi bukunya yang merupakan buku bekas.

Jika pandai mencari-cari, dengan modal lima puluh ribu rupiah saja kita bisa berbelanja minimal dua buku. Setiap kali ke sini aku memang selalu hanya membawa dana dengan jumlah segitu. Aku tertarik untuk mengincar buku-buku bekas ataupun buku-buku cetakan lama.

Setelah sekitar dua jam berkeliling dan melihat-lihat, aku menjatuhkan pilihan kepada dua buku yang menarik perhatianku. Buku pertama adalah sebuah novel karya penerima anugerah Nobel di bidang Sastra, Bernard Shaw yang berjudul Cleopatra. Kedua adalah buku berjudul “The Amazing Results of Positive Thinking.”

Aku belum pernah membaca karya Bernard Shaw sebelumnya. Namanya hanya beberapa kali aku baca pada esai-esai yang membahas mengenai masalah sastra. Karena itulah timbul rasa penasaran dalam diriku akan karyanya. Ketika melihat namanya sebagai pengarang novel yang aku pegang, aku langsung berpikir bahwa sekarang lah saatnya aku mencicipi karya dari seorang sastrawan yang sudah mendunia ini.

Membaca karya sastra para peraih penghargaan Nobel Sastra punya keuntungan tersendiri. Kita jadi bisa menikmati karya dari pengarang yang kualitas kesusastraannya sudah diakui oleh Dunia. Dengan begitu, potensi kekecewaan selepas membaca karya tersebut bisa sangat kecil.

Potensi kekecewaan yang utama dalam membaca karya sastra para pengarang tingkat Dunia terletak pada kualitas terjemahan yang buruk. Aku harap, novel ini diterjemahkan dengan bagus oleh penerjemahnya. Tadi aku sempat membaca beberapa halaman isinya dan dalam penilaian sementaraku, terjemahannya cukup bagus.

Buku kedua dari judulnya saja sudah dapat diketahui bahwa buku tersebut adalah buku tentang pengembangan diri. Berpikir positif adalah salah satu sikap yang bisa sangat membantu seseorang dalam menghadapi persoalan sehari-hari.

Buku itu diberi judul dengan bahasa Indoenesia sebagai “Cara Hidup dan Berpikir Positif.” Bukan sekadar judulnya saja yang membuat aku tertarik, melainkan juga gambaran mengenai isi buku yang disuguhkan di bawah judul tersebut. Gambaran tersebut berbunyi:

Suatu contoh kehidupan bagaimana cara berpikir positif telah merubah kehidupan berjuta-juta orang, dan bagaimana buku ini akan mengubah kehidupan Anda dengan CARA HIDUP DAN BERPIKIR POSITIF

Sudah sekian lama aku tidak membaca buku yang bertema self improvment. Aku pikir sekarang-sekarang ini aku butuh bacaan semacam itu untuk membangkitkan kembali gairahku dalam melangkah untuk mencapai mimpi-mimpiku.

Buku-buku semacam ini adalah pengasah pikiran dan pengaya jiwa. Ia membantu kita mengembangkan diri kita menjadi suatu sosok yang lebih baik. Serta menginsafkan kita dari kekeliruan-kekeliruan pikiran maupun tindakan yang membuat kita terhalang dari kesuksesan pribadi kita.

Buku ini disusun oleh Dr. Norman V. Peale yang merupakan hasil dari “pengalaman yang mengharukan dari mereka yang mengadakan perubahan-perubahan drastis dalam hidupnya dengan menggunakan prinsip-prinsip yang dinamis.

Dalam menjelaskan mengenai bukunya, Dr. Norman mengungkapkan bahwa buku ini adalah “petunjuk yang praktis dan penuntun yang mantap bagaimana Anda bisa mulai melangkah untuk mencapai sukses, mempunyai Kepercayaan pada diri sendiri, perasaan sehat, Kehebatan serta Kekuatan yang didapatkan dari dalam diri Anda sendiri yang mungkin Anda tidak pernah tahu sebelumnya.

Betapa sebuah ungkapan yang meyakinkan. Namun aku rasa aku tidak bisa begitu saja memercayai ungkapan tersebut. Setelah selesai membaca buku ini baru aku akan memutuskan penilaianku apakah buku ini memang seperti klaim penyusunnya ataukah hanya sekadar motivasi kosong seperti yang banyak bertebaran dari mulut-mulut motivator Indonesia dan karya-karya mereka.

 

Iklan

Mari berdiskusi, tinggalkan komentar dan tanggapan Anda!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.